Nostalgila: Bagian 2


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dasar si Doni ga punya hati nurani, perasaanmu mati, aku ini cuma karyawan biasa lae🙂, tiap hari ngejar-ngejar mulu untuk ngelanjutin tulisan saya yang kemarin, emangnya penting gitu? (baca: semoga kalian jawab ‘penting’) .. Iya deh, akhirnya saya sempat-sempatin buat nulis di sela-sela kesibukan saya yang bejibun dan bertubi-tubi. Sampai mana kemarin? Oh iya awal-awal kuliah ya?

Gini coy, secara, ga ada yang salah dengan diri saya kecuali awalan kuliah saya yang buruk🙂 tapi wajar kan? Seorang pahlawan kan biasanya menangnya belakangan hehehe. Waktu itu adalah masa-masa yang paling menenggelamkan dalam sehari-hari saya termasuk dalam hal akademis. Mungkin lebih disebabkan karena kurangnya kontrol diri dan kurang dewasa, bingung ya? Ya mau dibilang dewasa gimana orang tiap hari kerjaannya main game, ngelayap, ga pernah belajar (baca: meskipun untuk yg satu ini dah kebiasaan dari kecil, prinsipnya learning by doing gitu), sering bolos dsb pokoknya hampir semua kesalahan mendasar dan elementer dari seorang mahasiswa abadi pada umumnya sudah saya lakoni. Wal hasil terjadi wan prestasi di kampus, IPK selama 4 semester jeblog. Tapi ada satu hal yang akan saya tekankan, yaitu bahwa Teknik Nuklir itu adalah gabungan 3 disiplin ilmu yang fundamental, kimia, terlebih lagi fisika dan yang paling penting adalah matematika analisis (baca: ngomongnya kaya kajur ya?). Tapi beneran deh, dari awal kuliah kisanak harus mengimprove ketiga kemampuan ini, jika sudah versatile, maka mata kuliah semester pertengahan sampai akhir bakalan mudah, bi idznillah.

Ada juga jebakan-jebakan ideologi yang mencoba menggoyahkan kemantapan melanjutkan kuliah yang situasinya serba tidak berpihak (baca: at least untuk saat itu), dan sempat juga berfikir untuk pindah jurusan lain, karena kata orang Jurusan Teknik Nuklir itu secara finansial ga profitable, berbahaya dan dark future (baca: tapi ternyata satu angkatan saya bisa sukses semua secara materiil, mentahlah itu teori pemberangusan Teknik Nuklir, mari ucapkan alhamdulillah teman-teman!). Ada satu ungkapan yang baru saya ketahui belakangan padahal itu sudah sejak dulu saya alami, ‘manusia kadang terjebak dengan jalan mendaki, padahal jika dia mampu sedikit bersabar dan tetap berjalan maka sebentar lagi akan dia dapati jalan mendatar’. What a great quote.

Dan, alhamdulillah pertolongan itu akhirnya datang sedikit demi sedikit seiring dengan pulihnya kesadaran saya yang minim tentang arti ‘tanggung jawab’. Biarlah 4 semester berlalu percuma, masih ada kesempatan 10 semester kok sebelum kena DO begitu tekad dan pesan emak saya. Hmmm .. Titik kulminasi terjadi, pelan-pelan saya mulai rajin kuliah, banyak diskusi dengan teman-teman, cari-cari literatur, oh my gold, ternyata kuliah di Teknik Nuklir tuh gampang juga kalo ngerti (baca: ya iya lah). Setelah mulai menekuni kuliah layaknya seorang mahasiswa sejati, saya bisa mengejar ketinggalan saya, maksudnya memperpendek kesenjangan prestasi dengan teman seangkatan, karena satu-persatu mereka mulai wisuda, bahagia bercampur malu sekaligus hancur perasaan saya setiap dapat undangan makan-makan wisuda mereka, alahhh (baca: lebay).

Ah udah ya ceritanya tentang masa-masa perjuangan (baca: meskipun sampai sekarang kita masih harus tetap berjuang, sampai mati malah). Satu hal yang paling saya benci ketika mengingat-ingat masa lalu, kadangan tanpa terasa pipi saya mulus ini bisa otomatis basah, aiihhh (baca: bookies banget coy).

Sekian dulu, ntar kalo sambutan permirsa baik, rating melonjak dan demand positioning di atas insyaallah saya sambung lagi dah. Thank you fulll ..

Bersambung.

Penulis: Kho Rus Ban
Pemenang Penghargaan Penulis di Majalah Ibu dan Anak

4 Comments (+add yours?)

  1. nugaduh
    Sep 04, 2009 @ 08:03:00

    dinanti artikel lainnya di lapak punya Mamang ….
    lapak yang sudah hampir dibredel
    maju terus kaum dekonstruksionis dengan segala macam defamiliarisasi dan ketidaklaziman lainnya

    Reply

  2. arie
    Sep 09, 2009 @ 03:46:40

    Kisah cintanya ditulis juga gak boss?

    Reply

  3. kautahusiapa
    Sep 09, 2009 @ 06:37:13

    hoooooo

    Reply

  4. KAI
    Sep 17, 2010 @ 09:15:28

    lah trus akhirnya IPKnya pira bro?
    ;))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: