Empat M Satu E


Empat M, Satu E

Saya ingin menceritakan tentang 4M1E pernah dipelajari di tempat bekerja. Semoga ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua dalam merumuskan akar permasalahan di tempat masing-masing.

Apabila kita menghadapi suatu masalah, bukan berarti masalah tersebut muncul secara tiba-tiba. Namun masalah tersebut adalah akibat dari segala tindakan atau keputusan yang kita ambil sebelumnya. Akar masalah biasa disebut dengan “root cause”.

Dalam dunia industri akar masalah ini umumnya disebabkan oleh 5 faktor: Man, Method, Machine, Money dan Environment. Sebenarnya ada satu M lagi, tapi Saya belum mendapatkan referensinya disini dan belum pernah mengaplikasikannya.

Faktor Man, di faktor ini menjelaskan tentang struktur organisasi, karakter, kapasitas, skill, quantity dan segala permasalahan yang muncul dari Man Power.

Faktor Method, di faktor ini menjelaskan tentang segala macam metode yang dipakai dalam lingkup permasalahan. Misalkan metode jam kerja, Senin s/d Jumat atau Senin s/d Jumat ditambah Sabtu masuk 1/2 hari.

Faktor Machine, di faktor ini menjelaskan tentang peralatan atau tools yang dipakai dalam pelaksanaan program. Misalkan menuju tempat kerja kita biasa menggunakan Busway. Maka faktor machine disini adalah Busway.

Faktor Money, menjelaskan tentang value pekerjaan yang kita lakukan. Meliputi biaya-biaya yang muncul selama proses, biaya – biaya tambahan dan termasuk salary.

Faktor Environment, menjelaskan tentang lingkungan tempat terjadinya proses. Misalkan kita tinggal di Yogyakarta, maka culture, temperature, curah hujan, musim, termasuk keadaan jalan akan mempengauhi bagaimana Kita dalam mengambil keputusan.

Dari uraian diatas, 4M1E ini biasanya dibuat semacam diagram yang disebut diagram Tulang Ikan (Fishbone). Ujung diagram ini adalah masalah yang muncul saat terjadinya proses.

Akan Saya ambil suatu contoh permasalahan:

Terjadi kecelakaan di perempatan Jl. Cik Di Tiro Yogyakarta. Pengendara Sepeda motor jatuh dari sepeda motor.

Penyebab dia jatuh dapat dicari sebagai berikut:

Man: Pengendara tidak memperhatikan jalan licin, kenapa? terburu-buru. Kenapa? mau ujian.

Methode: Pengendara motor mendahului dari sebelah kiri pengendara lain. Kenapa? di  depan ada pengendara dari arah berlawanan.

Machine: Motor pengendara remnya ternyata tidak pakem. Kenapa? belum service. Kenapa? belum ada uang

Money: –

Environment: Traffic, kenapa? Jalan berupa perempatan.

Dari empat penyebab tadi ditemukan bahwa penyebab dia jatuh adalah karena faktor Machine (tidak punya uang untuk service), dan faktor Man (akan ujian).

Mungkin susah-susah gampang dalam menerapkan 4M1E ini. Karena seperti permainan kata-kata dimana apabila dibalikkan akan berhubungan. Apabila masih kesulitan, bisa dihubungkan dengan membalikkan dengan kata “sehingga” dibelakang penyebab permasalahan.

Misal: faktor machine, tidak punya uang sehingga belum service. Sehingga remnya tidak pakem.

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

1 Comment (+add yours?)

  1. wahyuni
    Apr 12, 2009 @ 03:15:31

    M satu lagi ternyata adalah Material. Tapi next pasti ada penjelasan..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: