Accident


Lama tidak menulis post, mungkin ini posting Saya yang kedua. Saya ingin membagi beberapa pengalaman Saya selama bertugas di Kalimantan tepatnya di area tambang batubara PAMA Persada.  Saya di tugaskan ke Kalimantan Selatan mulai tanggal 1 s/d 22 Agustus 2008 bersama rekan MT di perusahaan, yang juga alumni UGM Teknik Industri.

Salah satu kejadian yang ingin Saya ceritakan adalah kejadian kecelakaan saat Kami berdua bersama seorang Safety Officer melakukan Safety Patrol di sepanjang jalan hauling dari Crusher menuju Port. Kondisi saat berangkat masih sangat cerah, matahari terik dan jalan kering. Saat di Km 27 dari Crusher, hujan mulai turun rintik-rintik dan akhirnya deras. Sepanjang perjalanan menuju port yang hujan deras tersebut jalan masih bisa dilalui dengan aman dan laju mobil masih bia dikendalikan. Kami istirahat sebentar saat hujan bertambah deras, karena jarak pandang yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan dengan kodisi jalan dan cuaca hujan deras. Selama perjalanan, kami bertemu dengan rekan-rekan driver yang juga berhenti dan singgah di warung, karena kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Pool.

Akhirnya setelah hujan mulai reda, Kami mulai melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Pool yang berjarak 1 km dari crusher. Selama perjalanan kemabli ke Pool ini Saya duduk di belakang dan tidur (karena capek). Singkat cerita menjelang Km 14 dari crusher, Saya terbangun dan memakai safety helmet yang ada di samping tempat duduk Saya. Keadaan jalan saat itu licin, hal ini disebabkan hujan sudah mulai reda dan jalan tambang yang konstruksinya memang dari tanah, bukan aspal. Menjelang Km 3 dari crusher, kiria-kira 2 km dari Pool, ban belakang mobil Ford Ranger yang kami tumpangi selip ke kiri dan mobil mengarah ke kiri dan memaksa Safety Officer yang mengemudi untuk membanting setir ke kiri. Mobil pun menabrak pembatas jalan antara kendaraan dari arah yang berlawanan. Kami semua sempat berpikir bahwa mobil akan berhenti saat itu juga. Namun ternyata mobil terus menabrak pembatas jalan dan naik kemudian terbalik. Saya sangat kaget saat mobil mulai naik ke pembatas jalan dan langsung memejamkan mata, karena takut pecahan kaca masuk ke mata. Saya hanya merasakan seatbelt menekan pundak kiri dan mengikat kuat tubuh. Saya merasakan kepala Saya berada di bawah dan sempat di posisi normal. Tapi Saya merasakan posisi kepala saya kembali ke bawah dan bagian kaki menggelantung di atas. Setelah mobil berhenti Saya mencoba berpikir sehar lagi, kira-kira posisi tubuh Saya dimana.

Rekan MT saya yang duduk di samping Safety Officer mengingatkan untuk segera keluar dari mobil untuk menghindari apabila mobil terbakar. Saya mencoba melepaskan seatbelt dan membuka pintu di samping Saya. Namun tak bisa dibuka sama sekali. AKhirnya rekan Saya yang sudah ada di luar mobil menyuruh untuk keluar dari pintu depan sebelah kanan yan waktu itu sudah pecah kaca. Dengan merangkak, akhirnya saya bisa keluar dari mobil.

Hal yang saya pikirkan saat itu adalah betapa beruntungnya bisa selamat dari accident tersebut. Padahal sebelum mobil sempat terbalik, Saya sudah berpikir bahwa sampai sekian umur saya di dunia.

To be continued…….. Have to back work again.

8 Comments (+add yours?)

  1. kautahusiapa
    Sep 05, 2008 @ 06:06:27

    wow..
    untungnya pake safety belt ma helmet…
    mobilnya sampe penyok gitu..

    syukur deh km ga pa2…

    Reply

  2. Teddy
    Sep 06, 2008 @ 15:06:21

    Alhamdulillah baik-baik aja. Wah kayak di film-film ya, tetapi kali ini pemeran utamanya kamu.

    Reply

  3. reynold_cool_TN04
    Sep 07, 2008 @ 16:51:43

    wah syukurlah mba baik-baik saja…Semoga Tuhan selalu menjaga dan melindungi mba…Amin.Tetap semangat mba..pantang menyerah coz life goes on…

    Reply

  4. Wahyuni
    Sep 07, 2008 @ 23:42:17

    Iya untung pk seatbelt dan smpt pake helm. Cba kl ga, msk rmh sakit, blm keluar smpe skrg dech. Trs mobilnya ford ranger, kl sedan kyanya bkl tjepit d kabinnya.. Alhamdulillah bgt deh

    Reply

  5. wulan
    Sep 09, 2008 @ 07:44:57

    pengalaman yang luar biasa….bisa lolos dari maut dan masih diberi kesempatan tuk merasakan dunia lebih lama lagi…syukur alhamdulillah.

    Reply

  6. weistri p
    Sep 09, 2008 @ 23:23:13

    wah, satu kata mantap.
    syukur alhamdulillah slmat.

    Reply

  7. acooljerk
    Oct 01, 2008 @ 14:29:03

    Gile Yun, tahu2 nulis blog ternyata pengalaman kayak di film action gitu…

    Hati2 ketagihan..:-D

    Reply

  8. Maryo
    Dec 02, 2009 @ 08:27:07

    Keselamatan ibu, selain merupakan faktor keberuntungan , juga ada andil dari fungsi safetybelt (Klik-Klak).. pelajaran untuk kita semua pada saat mengendarai kendaraan hal utama yang harus dilakukan sebelum kita menyalakan mesin kendaraan adalah memasang dan memastikan safetybelt sudah terpasang dengan benar (Engine on Safetybelt On),, agar supaya dapat meminimalisir dampak buruk dari kecelakaan.

    Reply

Leave a Reply

