Teknik Nuklir: Idealisme dan Kenyataan Nukers 2002


Teman-teman,

Di awal menjadi nukers 2002, tidak ada satupun di antara kita yang benar-benar tahu apa jadinya kita setelah lulus dari Teknik Nuklir. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya, apa dan di mana pekerjaan kita. Semua hanya mengikuti arus. Kita hanya berpikir kalau Teknik Nuklir itu adalah suatu bidang ilmu yang unik dan hanya UGM lah yang memiliki jurusan ini, satu-satunya di Indonesia. Saya berharap dulu di awal kuliah dengan memasuki Teknik Nuklir, setidaknya saya mempunyai sedikit saingan di dalam mencari pekerjaan. Namun, kenyataan itu berbeda.

Memasuki tahun-tahun berikutnya, saat pengetahuan tentang ke-nuklir-an bertambah, kita pun sangat semangat sekali membicarakan sebuah idealisme bernama teknologi nuklir. Kita bangga dengan idealisme kita tersebut dan apalagi kalau membicarakan PLTN. Teman-teman mulai menyiapkan masa depan sesuai dengan ketertarikan pada teknologi nuklir seperti ada yang memilih konsentrasi ke teknologi daya nuklir dan teknologi non daya nuklir. Banyak tentunya nukers 2002 yang memilih konsentrasi ke teknologi non daya nuklir karena lapangan pekerjaan di bidang ini masih banyak dijumpai di industri Indonesia seperti Non Destructive Test (NDT) pada pipa2 industri, pendeteksian dan proteksi radiasi, pengolahan limbah2 radioaktif tingkat rendah, dan masih banyak lainnya. Meskipun sedemikian rupanya dipersiapkan, masih ada saja teman-teman yang “terpeleset” dari jalur ini di dalam pekerjaannya. Kenyataan memang berbeda.

Bagaimana dengan teman-teman yang berkonsentrasi di teknologi daya nuklir? Apakah keinginan dan ketertarikan serta idealisme itu harus dibuang begitu saja karena sedikitnya lahan pekerjaan di konsentrasi ini dibandingkan konsentrasi non daya?

Apakah kita harus menyerah dan mengikuti jejak kebanyakan kakak angkatan yang sudah tidak lagi di jalur nuklir dan mereka berhasil membangun kehidupannya menjadi orang sukses? Saya juga tidak tahu harus bagaimana menjawab pertanyaan ini karena sekali lagi kenyataan itu berbeda. Saya hanya bisa memimpikan suatu saat PLTN berdiri di Indonesia.

Teman-teman,

Entah yang namanya hidup, karma, takdir, atau apa pun itu, berbeda-beda untuk masing-masing orang. Kondisi kehidupan masing-masing saat ini membuat banyak juga di antara nukers 2002 keluar jalur dan saya juga tidak bisa memaksakan untuk harus kembali. Saya ingin mengajak teman-teman yang masih bertahan di jalur teknik nuklir untuk tetap bertahan seperti Fer dan Wondho yang sekarang berada di Malaysia dan bekerja di bidang monitoring NORM dan TENORM, dan berusaha mengembangkan aktivitas saat ini sehingga nantinya bisa membantu nukers lainnya dalam membuka lahan pekerjaan bagi mereka. Bukankah ini bisa jadi satu cara yang baik. Entahlah, mungkin ini idealismeku yang lain. Saya hanya berharap semoga saya juga bisa seperti Fer dan Wondho dengan kondisi saat ini. Semoga saja kita mulai bisa berpikir dan lebih peduli dengan nukers yang lain, demi keberadaan program studi teknik nuklir itu sendiri.

Kalau semua lulusan teknik nuklir bekerja di luar jalur, buat apa kita mempertahankan program studi teknik nuklir lagi. Kita juga tidak bisa lagi berharap terlalu banyak untuk bekerja di instansi penelitian nuklir Indonesia. Lihat saja penerimaan CPNS tahun ini, hanya dibutuhkan 3 orang dari lulusan teknik nuklir. Tidak sebanding dengan mahasiswa yang diterima per tahun di teknik nuklir.

Semoga dengan kontribusi yang mampu kita berikan di masa depan, setidaknya akan memberikan sebuah kenyataan yang hampir setara dengan idealisme para nukers. Namun hal ini bukan hanya untuk para nukers, tetapi bagi perkembangan teknologi nuklir sendiri di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: