Lustrum VI Teknik Nuklir dan Sewindu Teknik Fisika


Jogja, 15 Desember 2007

Sabtu 15 des 2007, jam sudah menunjukkan jam 15.00. Aq mo berangkat ke lustrum, tadinya si kecil (sebutan buat Okta – TN 04) mo ikut menggantikan mas aries (TN 98 ) yg ga jadi ikut😦 tapi berhubung dia udah kelelahan karena paginya jadi penerima tamu di acara seminar kontroversi PLTN akhirnya aq pergi bareng ma mas nurdin 97. Habisnya nur diajakin ga mau.

Jam 15.45 : kami berangkat, sebenarnya dah telat 15 menit dari waktu yg tercantum di undangan. Tapi qt memang sengaja nelat krn waktu itu dari informasi yg kami terima t4 pelaksanaan lustrum masih simpang siur, ada yg bilang di parkiran jurusan, ada yg bilang di TN 7 dan ada lagi yang bilang di KPTU.

Akhirnya setelah sampai di Fak Teknik kita mampir dulu ke jurusan tuk mastiin tempatnya dimana. Ketemulah sama Pak ……. dan ayik (TN 05), Ketua BEM FT periode skrg. Mereka bilang kalo t4 pertemuannya dipindah di KPTU Ruang Sidang II. Akhirnya kita jalan ke KPTU (males naiknya 😦 ) waktu itu di plaza KPTU sedang ada acara band, so suasana di sekitar Fak Teknik berisik buanget.

Sampailah kita di Lantai II KPTU, sambil kita liat2 di dalam ruang sidang II yg ternyata masih sepi, so kita nunggu dulu orang2 datang, kan malu keliatan e rajin bgt gitu🙂 . Eh ketemulah ma ji-suheng (sebutan buat Pak Alex, dosen Jurusan Teknik Fisika, TN 91) yg lagi asik ngobrol ma bapak2 berbaju hitam2 yg tak kirain temen seangkatan ji-suheng ternyata bukan🙂 , bapak2 misterius itu ternyata manager dari band yg disewa oleh panitia untuk hiburan saat lustrum.

jam sudah 16.15 ternyata yg dateng di lustrum masih sedikit, 18 orang tok yg ada di buku tamu termasuk aq dan 10 dosen ( pak Alex, Pak Sihana, Pak Kus, Pak HBS, Pak Yudi, Pak Fadli, Pak Nopri, Pak Sus, Pak Narno, Pak Nazrul), jadi lbh byk panitiane daripada alumni yg dateng😦 . Akhirnya krn udah sore kita2 yg diluar di paksa masuk oleh pak nazrul agar acara bisa segera dimulai walau masih sepi.

Aq masuknya telat jadi melewatkan pidato sambutan dari ketua KMTF (hamzah TN 04). Sori tuk hamzah ga dengerin pidatomu🙂 . Acara pun berlanjut ke acara inti (lupa panitia nyebutnya acara apa) acara ini dipandu oleh Pak Kusnanto didampingi Pak Nazrul sebagai notulen, di sini acara nya sharing sesama alumni.

maafin aq yg agak lupa2 ingat, jadi yg kutulis yg aq ingat aja ya?😦 sorry.

sharing ini menggaris bawahi ttg hasil seminar kontroversi PLTN yg diadain paginya, aq ga ikut krn trnyata hrs daftar dulu. kata si kecil di seminar ini pembicaranya cuma 3, Pak Ferhat Azis dari BATAN, Dr. Irwan Kurniawan, Pengamat Energi Nuklir Independen dan Pak Yudi Utomo dari Tek Fis, wakil Walhinya ga dateng. Di seminar ini pak Yudi menagih janji, krn dulu pak Yudi sbg TN angkatan 81 dulu dijanjikan pendirian Teknik Nuklir oleh BATAN dan UGM untuk menyiapkan SDM yg bekerja di PLTN, krn tahun 2000 Indonesia akan punya PLTN tapi ternyata sampe skrg lum juga dibangun PLTNnya😦 , makanya beliau berkata jika PLTN ga jadi dibangun lebih baik Tek Nuklir di bubarkan saja.

Di moment sharing alumni ini banyak menggaris bawahi ttg apa yg disampaikan pak yudi saat seminar. Pertama sharing dari pak Adha, beliau kalo ga salah angkatan 86. Beliau skrg wiraswasta di bidang pemipaan migas. Beliau berkata bahwa dulu ortu beliau berharap setelah anaknya kuliah trus selanjutnya bisa bekerja di perusahaan besar dengan gaji yg besar (ga cuma ortu beliau, kbyakan ortu juga gitu, tul ga??) . Setelah lulus TN pak Adha mencoba beberapa keberuntungan dgn ngirim lamaran tetapi trnyata ga da yg masuk. Akhirnya beliau mulai mencoba wiraswasta, bahkan sekarang sukses. Kata beliau meskipun tdk bekerja dgn menggunakan ilmu nuklirnya tapi beliau tetep brhub dgn bidang nuklir, yaitu penggunaan NDT tuk inspeksi pipa produksi beliau. Pak Adha sangat menyayangkan kenapa anak TN yg tahu persis ilmunya ttg NDT dan tahu juga kemana harus mencari sumber radiasi untuk NDT (Co dan I) tapi ga ada yg mau berwiraswasta di bidang itu, ada 1 org alumni TN yg bekerja di bidang NDT pada perusahaan asing yaitu pak Narto (TN 84) jadi mereka berdua sering ketemu dalam urusan bisnis. Pada kesempatan lustrum kmrn pak Adha mengatakan bahwa beliau sebenarnya tertarik untuk mendirikan company di bidang NDT, makanya beliau mengajak teman2 alumni kalo ada yg berminat. Cuma yg jadi masalah adalah kalo company NDT alumni TN (insya ALLAH berdiri. Amin) itu benar2 berdiri dgn PAk Adha mjd salah satu dewan direksinya maka company NDT tersebut tdk bisa menginspeksi pipa migas hasil produksinya pak Adha, ya jelaslah, kedua company tersebut harus independent untuk mengantisipasi KKN😀 kalo yg punya 1 ntar inspeksinya ga bener, semuanya dilolosin. Temen2 ada yg berminat jadi salah satu pendiri Company NDT alumni TN????? Kalo aq ga salah ingat pak Adha jg menyarankan wirausaha jg diajarkan di bangku kuliah.

Setelah Pak Adha selesai sharingnya skrg tugas Pak Kus dan Pak Nazrul sbg moderator untuk menanggapi. Tanggapan dari Pak Kus thdp apa yg disampaikan Pak Adha, begini: Pak Kus kan skrg sbg pengampu mata kuliah NDT, jadi besok kalo pas kuliah pak KUs akan mengundang PAk Adha sbg pembicara di kuliah, biar teman2 mahasiswa lebih memahami mata kuliah NDT dari segi terapan langsung di industri dan ttg saran mengajarkan enterpreuner di kuliah akan menjadi pertimbangan. Kata pak kus, kapan UGM bisa kaya ITB yg enterpreuner engineer nya sudah berkembang sehingga bisa menghasilkan produk teknik yg marketable. Yah mungkin suatu saat nanti UGM bisa menyamai ITB dalam hal enterpreuner engineeringnya. Amin. Kemudian setelah ini Pak Kus meminta PAk Widi untuk sharing, sebenarnya ada kaitan dgn apa yg disampaikan Pak Adha shg pak kus meminta pak widi, tapi maaf ya teman2 aq lupa😦 dan kata pak kus, skrg Pak Narno jg sedang mengambangkan enterpreuner engineer, intinya pak narno membuat suatu alat/instrumen yg marketable. Gitu deh. Trus 1 lagi komentar Pak kus, yah sambil guyon juga, teman2 ingat kan Joke ttg perbandingan IPK dan pekerjaan??????? Itu Lho yg kalo anak2 dgn IPK >= 3,5 nanti jadinya dosen, IPK 2,75-3,5 jadinya pekerja di perusahaan, tapi justru yg IPK < 2,75 bakan jadi enterpreuner/pemilik perusahaan. Aq mo nambahi ttg hal itu, dulu jg pernah di bahas sama pak alex dan berpendapat bahwa IPK berbanding terbalik dengan penghasilan🙂 tul ga???🙂 Just intermezo aja deh. Kita lanjut ke Pak Widi.

Pak Widi skrg menjabat sebagai Kepala PTAPB-BATAN Yogyakarta. Awalnya Pak Widi cerita kalo beliau dulu ambil sarjana muda di UI kmd Ambil strata 1 nya di UGM angkatan 78 (rencana awal, dulu BATAN kerja samanya dgn 3 univ tuk menyiapkan SDM PLTN, yaitu sarjana muda di UI, S1 di UGM, dan S2 di ITB. Tapi ternyata UI jg ingin mendirikan S1 nuklir) sehingga diantara teman2 seangkatan beliau dulu di UI yg meneruskan S1 Nuklir di UGM hanya Pak widi. Meskipun di nuklir tapi sejak awal Pak widi memang suka dgn bidang instrumen, sehingga beliau menekuni benar bidang instrumen ini. Aq cuma inget itu tok je, sori ya teman2 😦 .

Setelah Pak Widi kemudian Joko Tri W (’83) (kmrn pas lustrum akhirnya Pak Joko terpilih sbg Ketua umum ikatan alumni Teknik Nuklir). Pak Joko ngasih saran untuk lebih mempromosikan Jurusan Teknik Fisika dan Nuklir krn Jurusan kita lum dikenal byk orang. Dulu pas mau daftar kerja di ARCO jg sempet bingung pas mau daftar soale ga da posisi tuk teknik nuklir tapi kmdn(kl ga salah krn TA nya ttg proses) dimasukkan ke jurusan teknik kimia yg hampir mirip.. Pak joko ini skrg kerja di ARCO (oil company). Pak Joko jg bilang meskipun kerjanya ga murni di bidang nuklir tapi masih ada kaitannya dgn nuklir krn di oil company nuklir jg berguna.trus pak joko juga bilang kalo beliau bisa membantu teman2 mahasiswa yg akan KP di ARCO krn kemaren sempat ada 3 mahasiswa TN yg KP di ARCO.

aq nambahin ah, gimana ya Pak Kalo mo kerja di ARCO bisa lgs masuk ga pake tes ga ya ???😀 he3….becanda🙂 .

Sudah 3 orang alumni yg sharing tapi semuanya dari TN makanya Pak Kus kmd menyilakan alumni Teknik Fisika untuk mengemukakan pengalamannya. Masalahe teman2 pas lustrum ini Alumni Teknik Fisika yg dateng cuma Mujari FT02 dan Pak Tika FT2000. Ada sih satu lagi MAs Nurdin tapi mas nurdin kan ga murni Teknik Fisika karena beliau TN 97 kmd pindah Ke FT98. Tapi kemudian mas nurdin mau juga maju ke depan tuk sharing.

mas nurdin bilang dulu pas masuk angkatan 98 ada 33 orang kmd sampai thn 2005 yg lulus baru 1 orang dan yg 18 org dipanggil jurusan untuk menyelesaikan studinya tahun itu jg ato kalo ga akan di DO. Nasib 14 teman yg laennya ga jelas. Akhirnya teman2 nya lulus juga, dan bekerja. prosentase pekerjaan 40% PNS, 30% pekerja di perusahaan, 30% wiraswasta. Sebagai tambahan info MAs Nurdin skrg jg berwiraswasta di bidang IT, yg ngerjain software2 ttg SIM (Sistem informasi Manajemen) baik Rumah Sakit, Kantor dan lain2. Mas Nurdin punya pendapat sendiri untuk menggaris bawahi apa yg telah disampaikan teman2 alumni sebelumnya. kata mas Nurdin dulu beliau masuk ke Nuklir pun ortu nya ga tau apa itu nuklir skrg mo kerja dimana pun ortunya ga tahu yg penting dulu kuliah selesai skrg kerja. Dan menurut mas Nurdin seharusnya jurusan bisa ngasih kepastian kemana lulusannya bisa bekerja, intinya setuju dgn pak Yudi kalo ga jelas mau di bawa ke mana jurusan ini, lebih baik dibubarkan. Menurut beliau Anak Nuklir ya belajar Nuklir aja ga perlu dikasih wiraswasta di bangku kuliah krn wiraswasta itu pengalaman para mahasiswa sendiri di luar bangku kuliah. Meskipun menurutnya jalan hidup orang itu berada pada diri masing2, intinya yg mau tetap istiqomah di bidang nuklir ya silakan cari kerja di bidang nuklir tapi kalo yang ga istiqomah ya silakan kerja dimanapun yang penting bisa hidup. Aq setuju neh sama pendapat ini🙂 Horeeeee applaus dari para audiense lustrum.

karena waktu dah mepet magrib dipersilakan 1 org lagi alumni tuk sharing dan Pak Kus mintanya yg murni alumni Teknik Fisika, akhirnya Mujari deh yg maju.

Mujari bilang dia skrg kerja di KORINDO. KORINDO ini perusahaan KOREA-INDONESIA yg bergerak di bidang pembuatan panel surya.perusahaan ini berdiri atas kerja sama teknik fisika UGM dan korea(aq lupa nama perusahaan koreane). dan sudah selama 1 tahun ini dia sedang mencari data untuk pembangunan PLT Surya di Indonesia. Kmrn sempat mau membangun tower panel surya dgn diameter tiang bawah 3-4 m tapi ternyata ga bisa dibangun di Indonesia. sehingga skrg produksi dalam sekala kecil. yah dia minta doanya aj pada teman2 alumni biar perusahaan ini sukses.

Selesai deh acara sharingnya. Skrg acarane isoma, makan2🙂 Trus abis itu kita nonton video ttg Teknik Nuklir tempo dulu sampai skrg. Trus ada persembahan juga dari adik kita RETNASIH TN05 yg membawakan tarian golek (aq lupa nama lengkap tariane) Pokoke itu tarian adat jawa deh, dilanjutkan acara nyanyi2 karaoke dgn diiringi organ dan alat musik lain. Cuma masalahe lagu2 kenangan dadi aq yo rada ga tau lagune, tapi setelah itu juga diselingi lagu2 pop terbaru, kaya bu aci nyanyiin lagunya munajat cinta nya the rock. Bu aci gaul to??? trus anak 05 jg ada yg nyanyiin welcome to my paradise nya steven n coconut trees (my favorite song😀 ) Ada pembagian doorprice juga lo, tapi sayang aq ga dapet😦 hiks2.

acara terakhir yaitu pemilihan pengurus ikatan alumni , dan terpilih :

ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM : Joko Tri W (’83)> Ketua daerah Jakarta: Ferli (’81)> Ketua daerah Yogyakarta: Widi Setiawan (’78)> Ketua daerah Surabaya: Johan (’85)> Wakil Jurusan : Nazrul (’92).

Semoga aja beliau2 yg mjd pengurus bisa merekatkan para alumni dan bisa memajukan teknik nuklir dan fisika, kita juga harus bantuin dong tentunya, yah minimal dengan doa syukur2 dgn dana dan tenaga. OK COI!!!???

sekian teman2 yg bisa kulaporkan dari pertemuan lustrum Teknik Nuklir kmrn. ya semoga teman2 bisa menyumbangkan ide untuk kemajuan teknik nuklir dan teknik fisika dan untuk membantu adek2 angkatan agar tidak seperti kita nasibnya.

aq sering ngobrol ma adek2 angkatan, mereka tuh masih punya angan2 yang indah bahwa nanti PLTN pasti dibangun, jika dah lulus tapi PLTN lum dibangun mereka mau nunggu PLTN dibangun sambil kerja di perusahaan dulu, yah mimpi yg indah dan kita pasti ga tega untuk merusak mimpi itu. Ya intinya impian kita semua sebagai alumni dan mahasiswa Teknik Nuklir ya terwujudnya Pembangunan PLTN. Semoga impian kita bersama ini terwujud. Kalo mo jujur seh benernya meskipun aq ga kerja di PLTN tapi kalo PLTN jadi dibangun ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri sebagai alumni nuklir. Syukur2 seh bisa jadi investornya PLTN. He3x.

10 Comments (+add yours?)

  1. Donny Hartanto
    Dec 23, 2007 @ 05:47:18

    Thanks buat laporan kerja dari Wulan. Hahaha…. Sudah cocok jadi reporter.

    Reply

  2. Balza
    Jan 03, 2008 @ 17:12:42

    Wah komplit deh. Tapi foto2nya mana ya??? pengin lihat nih, soalnya gak bisa datang pas acara.

    Reply

  3. mujari muhamad
    Jan 08, 2008 @ 01:50:10

    Assalamu’alaikum
    Nich ane cuman mo “tabayyun” ttg Korindo, khususnya pd kalimat “perusahaan ini berdiri atas kerja sama teknik fisika UGM dan korea (aq lupa nama perusahaan koreane)”.
    Korindo adlh group perusahaan Korean, telah berdiri sejak 1969. Perusahaan yg berkantor cabang di Jakarta ini telah mempunyai cabang usaha tersebar di seluruh Indonesia. Dan saat ini Korindo di bawah nama PT. Korindo Heavy Industry akan mengembangkan sektor usaha bisnis bidang energi terbarukan. Di Celegon telah dibangun pabrik Wind Tower (produksi sejak 2007) untuk menyediakan Tower yang disuplai ke luar negeri. Dan selanjutnya akan mengembangkan industri Solar Cell. Tapi saat ini masih dalam tahap FS (Feasibilty Studies) kerjasama dengan JTF UGM. Info detaik klik http://www.korindo.co.id
    OK dech, Selamat berjuang wahai temen2 ku! Semoga ilmu yang telah ka;ian peroleh bisa manfaat dunia-akhirat….
    Wassalamu’alaikum

    Reply

  4. wahyu
    Apr 21, 2008 @ 15:44:14

    mas donny, klo ada lustrum lagi ato temu alumni setidaknya para mahasiswa juga bisa ikut biar gak kaget setelah lulus. kami tunggu undangannya!

    Reply

  5. Teddy Ardiansyah
    Apr 26, 2008 @ 09:54:57

    Wah ini tulisan si Fitri toh. Busyet mantep banget. Udah pernah nyoba ngelamar jadi jurnalis belum? Selain dilamar mas Aries tentunya, hehehe.

    Reply

  6. Meneer
    May 03, 2008 @ 01:18:34

    Baru baca artikel ini….. applause…. tapi kok banyak lupanya???

    Reply

  7. Dedynuclear00
    Jun 04, 2008 @ 07:28:05

    baru baca nih..tapi bagus….HIDUP TEKNIK NUKLIR DAN FISIKA….

    Reply

  8. wahyuni
    Jun 11, 2008 @ 03:53:19

    Wah salut buat wulan infonya.

    Btw undangannya jadi tanggal 4 Juli 2008 ni yah?
    Kuusahakan datang deh, buat wulan seorang.
    Tapi ntar jangan kaget yah, aku tambah gosong
    Hehehe 3 minggu di rantau gaul ma driver-driver, sampai puasssss 3x…

    Reply

  9. ardhian
    May 12, 2010 @ 05:21:16

    selamat dan sukses

    Reply

  10. Gus Cahyo
    Nov 17, 2012 @ 01:34:22

    Terimksih lporan pndangan matanya….syang sekali waktu itu gk bisa hadir. Insyalloh rencana reuni tgl 8 Desember nanti ikut hadir. Salam

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: