Sejarah Teknik Nuklir UGM


Jurusan Teknik Nuklir UGM berdiri pada tanggal 29 Agustus 1977 sebagai bagian dari kerjasama Badan Tenaga Atom Nasional (sekarang Badan Tenaga Nuklir Nasional) BATAN dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terjalin sejak Kerja Sama Induk pada tanggal 5 November 1974 yang kemudian diperpanjang pada tanggal 22 Februari 1978. Kerja sama ini dicatat dalam beberapa Naskah Pengaturan Kerjasama antara Fakultas Teknik UGM dengan Pusat Penelitian Bahan Murni dan Instrumentasi (PPBMI) BATAN Yogyakarta dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (pusdiklat) BATAN di Jakarta.

Dua tokoh penting yang menjadi kunci berdirinya Jurusan Teknik Nuklir adalah Ir. Soetojo Tjokrodihardjo, Dekan Fakultas Teknik UGM saat itu dan Prof. Ahmad Baiquni, M.Sc.,Ph.D, Dirjen BATAN saat itu. Jurusan Teknik Nuklir UGM diharapkan mampu menjadi lumbung sumber daya manusia Indonesia di dalam pengembangan Teknologi Nuklir, terutama menyokong pendirian PLTN pertama di Indonesia.

Pada awal berdirinya Jurusan Teknik Nuklir UGM menyelenggarakan pendidikan hanya pada tingkat sarjana selama empat semester dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru yang mempunyai ijazah Sarjana Muda Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Fisika dan Kimia, di samping mahasiswa tugas belajar dari beberapa instansi.

Bersama dengan Jurusan Teknik Kimia, Teknik Geodesi dan KPTU Fakultas Teknik UGM, Jurusan Teknik Nuklir bertempat di Sekip, gedung yang digunakan untuk diploma Teknik Mesin dan Elektro saat ini. Baru pada akhir tahun 1992, Jurusan Teknik Nuklir bergabung di Grafika.

Pendidikan Teknik Nuklir program Strata-1 (S-1) resmi diselenggarakan mulai tahun akademik 1981/1982 dan program lama ditutup pada semester ganjil tahun akademik 1984/1985. Jurusan Teknik Nuklir menambah sebuah program studi lagi yaitu Fisika Teknik sejak tahun ajaran 1998/1999. Pada tanggal 25 Juni 2001, Jurusan Teknik Nuklir berganti nama menjadi Jurusan Teknik Fisika dan mempunyai dua buah program studi yaitu Program Studi Teknik Nuklir dan Fisika Teknik.

Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 023/BAN-PT/Ak-XI/S1/IX/2008, Program Studi Teknik Nuklir mendapat peringkat A berlaku sampai dengan 19-9-2013.

56 Comments (+add yours?)

  1. [Chairul Hudaya]
    Dec 24, 2007 @ 11:15:07

    Ayo Don, lanjutkan tulisannya…

    Dulu pengen banget masuk Teknik Nuklir UGM..

    Salam buat teman teman Nuklir UGM 2002..

    Sukses selalu

    CH
    http://nuklir.wordpress.com/

    Reply

  2. ekkysabdina
    Dec 27, 2008 @ 08:40:58

    Mau tanya.Kalo maw masuk teknik nukLir emang harus nikah dulu?
    Pengen niH.Ehm, kalo masuk teknik nukLir ntar pR0sPek kerjanya dmana?

    Reply

  3. wulan
    Jan 04, 2009 @ 10:44:42

    buat ekky:
    ga ada aturan bahwa kita harus nikah dulu kl masuk nuklir, atau setelah semester berapa atau pun setelahnya..masalah nikah kan urusan pribadi masing2😀 bukan urusan jurusan, jadi kl pribadi mau nikah sebelum masuk jurusan, atau pas masih kuliah atau ga sama sekali sih terserah kita hehehe..ga ada aturan kok
    prospek kerja? kl mau jujur, sebenarnya terlihat sedikit, yg jelas adalah batan dan bapeten, tp sebenarnya tidak terbatas di situ saja, banyak diantara alumni yang bekerja tidak dibidang nuklir, karena yang dipelajari bukan hanya tentang nuklir, ada juga teknik keselamatan, kehandalan, proteksi radiasi, elektronik (tidak terbatas pada peralatan elektronik nuklir), proses (industri/kimia) serta programing dsb.. contoh: ada yang bekerja di bagian keselamatan suatu pabrik di kalimantan, ada yg bekerja bagian software/elektronik di salahsatu perusahan permainan ketangkasan, ada yang bekerja di rumah sakit (bagian radiografi) ada juga yang di pertambangan (pertambangan sekarang make radioaktif lo dalam proses deteksinya😀 ) dan masih banyak lagi deh..
    o ya..dosen dan peneliti juga bisa kok😀
    terserah kita mau ngembangin diri kita di bidang yang mana..sukses ya………….

    Reply

  4. akmal
    Jan 14, 2009 @ 13:47:50

    Ass….
    k’ saya sih dari dulu tertarik membahas apabila disebut-sebut istilah “nuklir”, dan rencana mau tembak nuklir di UGM, insya Allah. Tapi jika saya tanya, antara tehnik nuklir dan farmasi, yang lebih bagus mana ???terus prospek kerjanya jika dibandingkan di saat sekarang gimana ??
    mohon penjelasan

    Reply

  5. peduli indonesia
    Jan 17, 2009 @ 03:17:12

    k’ program nuklir di Indonesia buat bikin tenaga nuklir atau buat tenaga listriknya ???
    bukannya dari dulu jika negara indonesia mau maju pasti selalu di tekan oleh Amerika ???
    dan mengapa negara indonesia yang “katanya” kaya dengan uranium tetapi tidak pernah membuat senjata nuklir untuk menjaga pertahanan negara eperti IRAN ????
    mohon jawabannya donggg….

    Reply

  6. wulan
    Feb 06, 2009 @ 09:32:43

    tuk akmal:
    tentang bagusan yang mana, kupikir kita ga bisa membandingkannya ya, krn itu 2 bidang studi yang berbeda. semua ada kelebihan dan kekurangannya sendiri2.
    prospek kerja, kl mau kerja yg sesuai dengan kuliah, sudah jelas farmasi akan bekerja ke bidang obat2an. Tp kalo nuklir, kita masih bisa bekerja di bidang selain nuklir, krn kita juga mempelajari hal lain selain nuklir, seperti proses kimia, teknik keselamatan (untuk industri), instrumen (banyak yg jago bikin instrumen listrik lo), pertambangan (pertambangan sekarang banyak menggunakan sumber radiasi untuk proses deteksi) dll. jadi bisa dibilang pilihan kerjanya untuk teknik nuklir lebih banyak, tp memang cukup jarang ada lowongannya😀

    Untuk peduli indonesia:
    tenaga nuklir ini maksudnya semacam senjata nuklir (bom atom) gitu ya? atau tenaga nuklir buat melakukan iradiasi tanaman atau makanan agar jadi bibit unggul atau pengawetan ya? sori ga jelas
    yang jelas, Indonesia sejak awal tidak pernah berpikir untuk membuat bom atom, karena itu tidak sejalan dengan prinsip Indonesia yang ingin ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. jadi tidak pernah berpikir membuat bom atom yg merupakan pemusnah massal.
    Jadi yang diteliti adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan radiasi atau energi yang tercipta dari proses nuklir tersebut. Radiasi bisa digunakan untuk mengobati penyakit, membuat bibit unggul, pengawetan makanan dll. Sedangkan energi yang diciptakan bisa kita gunakan untuk diubah menjadi energi listrik.
    tentang ditekan oleh amerika, itu urusan negara bung. bukan urusan pendidikan. Dan kita tidak selalu ditekan kok, buktinya dengan nuklir, Indonesia masih bisa bikin berbagai macam varietas unggul padi dan tanaman lainnya. Kita masih boleh bikin tiga buah reaktor penelitian (1 di serpong, 1 di bandung dan 1 di jogja).
    untuk yg terakhir, kaya akan cadangan uranium tidak berarti harus membuat senjata nuklir. contoh, australia, pengekspor uranium, tidak memiliki senjata nuklir. Niger di afrika juga demikian. Indonesia tidak pernah bikin menurutku karena 2 hal: 1. belum punya teknologinya, 2. karena memang sampe sekarang belum pernah berpikir untuk membuatnya.
    dah panjang banget nih jawabannya, semoga memuaskan

    Reply

  7. fahmifi
    Feb 14, 2009 @ 00:29:35

    salam ..
    bisa minta dijelaskan terkait fokus jurusan g ?

    saya tertarik dengan nuklir.
    saya dari fisika itb, KK fisika nuklir.
    disini dipelajari desain reaktor pada PLTN.
    kalau disana gimana ?

    semoga kita bisa berbagi.

    Reply

  8. wulan
    Feb 15, 2009 @ 04:19:04

    tuk fahmifi,
    salam..
    hmm, karena kebetulan ini situs milik salahsatu angkatan alumni, kita ga begitu ngerti bagaimana fokus jurusan sekarang.
    Tp kalo dulu, masa kami kuliah. Bisa dibilang ada 3 konsentrasi:
    1. proses = cenderung mempelajari proses kimia dan atau fisika yang berhubungan dengan nuklir, baik itu persiapan, pembuatan bahan nuklir, ataupun pengolahan kimia/fisika limbah nuklir. dll
    2. instrumentasi = cenderung mempelajari penggunaan dan pembuatan instrumen2 yang bisa digunakan dalam sebuah proses nuklir.
    3. reaktor = cenderung mempelajari desain reaktor baik secara neutronik maupun hidrolik
    Kalau melihat 3 hal di atas, mungkin yang kemiripan antara kita ada di poin ke 3.
    Kebetulan kami kenal beberapa alumni fisika ITB bimbingan Pak Zaki, seperti Deby, Syailendra dan beberapa lagi yang mohon maaf sudah kami lupakan namanya😀 Kami juga pernah kunjungan ke laboratorium milik Pak Zaki kok tahun 2006 kalo ga salah.
    Salam buat teman2 Fisika ITB, khususnya di bagian Fisika Nuklir.

    Reply

  9. Beben
    Mar 06, 2009 @ 08:21:12

    Mau nanya. Sy trtarik am T. Nuklir. Tp dgr dr orang2 ktny lulusannya susah dapet kerja ya? Jadi ragu nih.

    Reply

  10. ego
    Mar 07, 2009 @ 08:02:16

    prospek kerja dari tehnik nuklir ugm tu gmna ya,ntk bisa kerja di mana aja n kira2 gajinya besar gak

    Reply

  11. dian
    Mar 21, 2009 @ 13:42:09

    mau nanya donk,,
    ktanya daya tampung bwt mahasiswa baru di teknik nuklir sedikit y???

    klo cwe mau masuk teknik nuklir gpp kan??

    soal nya aq tertarik bgt sama nuklir,,

    Reply

  12. firman
    Mar 27, 2009 @ 02:55:58

    kk saya mau nanya donk klo mau masuk teknik nuklir kita nanti bljarnya apa aja????and saya sering di takut-takutin klo anak2 jurusan teknik nuklir biasanya mandul coz katanya nanti behubungan dengan zat radioaktif…..
    gmn tuh kk????

    Reply

  13. Syeilendra Pramuditya
    Mar 31, 2009 @ 13:23:20

    helo2.. ikutan nimbrung ah..😀

    @wulan
    wah iya bener, sy masih inget waktu itu thn 2006 ada “sidak” dr kluarga nuklir UGM, waktu itu sy ketemu ma pak Andang n Donny (ama Donny ketemu jg di BATAN serpong, n ama pak Andang di BATAN bandung, n ma Fili n Taufik jg), kayaknya saling kunjung ky gt harus dipersering neh.. *biar jln2 gratess maksudnyamah*

    wah2.. ko blm2 ud pd hawatir ttg kerjaan yah.. pdhal klo dipikir ga ada jg jurusan yg ngasih garansi lulusannya gampang dpt kerjaan.. hehe.. piss ah.. =D

    Reply

  14. fernadi
    Apr 01, 2009 @ 06:17:39

    @ego, masalah gaji sih, tergantung kerja di perusahaan apa, di daerah mana, dan posisinya apa😉
    @ dian, klo masalah daya tampung sih, mungkin lebih tepat apabila kita tanyakan pada P alex🙂
    klo masalah cwe ato cwe, kynya ngga ada perbedaan deh gender deh, buktinya bnyk koq cwe yg masuk TN (meskipun d angkatan 02 cuma 3, tp diangkatan berikutnya terus bertambah)
    @firman, mandul? ah itu sih cuma isu, nakut2in doank, coz slama belajar kita cuma terlibat dengan source aktivitas rendah, ada juga sih dgn reaktor, tp insya4JJI safe koq, asal jangan nyemplung aja di kolam reaktor😛

    Reply

  15. aizenn
    Apr 03, 2009 @ 09:37:15

    emmm…

    klo di indonesiaa…
    teknik nuklir kyaknya kurang bgitu diprhatikan

    jdi mo msuk teknik nuklir ugm kyaknya binggung bangt neee!!!!

    minta saran dong!!!

    arigatou gozaimasu

    Reply

  16. beserker
    Apr 18, 2009 @ 16:34:54

    bos , da masalah ttg kejiwaan mahasiswanya sendiri p ga?
    yah , secara nuklir :bisa dimasukin ke fisika (teknik) , so pasti yang namanya :komputer(pemrogaman) , elektronik , dan pokoknya berbau Elektro dah , kan jg dimasukkin .Blom lagi fisika ny , mekanika kuantum , mekanika fluida , bbbeeeehh ,,,mantabbbb bgt deh .
    Pa ga stress tuh , diCekokin yang kaya gtu mulu???
    Mas nya , sndiri strees ga????
    plis , jawab dengan jujur dan jantan .Thk

    Reply

  17. Donny Hartanto
    Apr 26, 2009 @ 13:55:00

    komputer(pemrogaman) , elektronik , dan pokoknya berbau Elektro dah , kan jg dimasukkin .Blom lagi fisika ny , mekanika kuantum , mekanika fluida , bbbeeeehh ,,,mantabbbb bgt deh .
    Pa ga stress tuh , diCekokin yang kaya gtu mulu???
    Mas nya , sndiri strees ga????
    plis , jawab dengan jujur dan jantan .Thk

    Memang di teknik nuklir kita pelajari mata pelajaran dasar fakultas teknik seperti mekanika fluida, fisika atom dan inti, elektronika, ilmu bahan, dan lain-lain deh, namun yang dipelajarin kan tidak detail banget, hanya yang dirasa diperlukan oleh seorang nuclear engineer saja. Lagian di dalam nuclear engineering juga masih terbagi dalam beberapa konsentrasi ilmu supaya bisa belajar lebih mendetail di ilmu tertentu.
    Kalau ditanya kejiwaan saya, ya saya masih waras. Saya belum pernah dengar alumni ataupun mahasiswa teknik nuklir masuk RSJ dikarenakan belajar di teknik nuklir.

    Reply

  18. kautahusiapa
    Apr 27, 2009 @ 00:12:32

    @aizenn
    kenapa bingung?mari masuk Teknik nuklir untuk melestarikan ilmu pengetahuan…:)
    bingung tentang kerjaan setelah lulus ya??
    alhamdulillah pengalaman temen2 angk 2002 dah pada berkarya semua (kerja maupun lanjut kuliah s2)

    @beserker
    kita2 masih waras kok…kalo kita mau belajar insyaAllah otak kita mau jalan kok…
    ya walopun clockspeed nya beda2…

    hahhahaha

    Reply

  19. Adit
    Apr 27, 2009 @ 13:52:17

    pesan dan kesan anda sebagai mahasiswa teknik nuklir apa?
    saya berpikiran untuk mengambil jurusan teknik nuklir ugm.

    Reply

  20. Chuz
    Apr 29, 2009 @ 22:09:46

    Mas, sy diterima di teknik nuklir ugm taun ini nih. Tp ko jd ragu2 ya, gr2 msalah ktanya susah kerja dan klo kuliah di TN ntar praktikumnya ada yg bisa bkin mandul. Tolong pnjelasannya dong. .

    Reply

    • Donny Hartanto
      Apr 30, 2009 @ 01:05:31

      Saya ingin membantu memberi saran untuk kamu.

      Tidak benar ada praktikum di TN yang bisa membuat mandul. Itu tidak benar sama sekali. Bayangkan saja, Universitas seperti UGM kok bisa-bisanya melakukan seperti itu. Jika memang terjadi, pastilah sejak awal TN sudah diperkarakan di penggadilan oleh alumni nya.

      Jika niatan kamu awalnya untuk mempelajari teknologi nuklir, maka saya sarankan ambillah kesempatan itu, toh kamu sudah keterima. Masalah nanti mau bekerja di mana, itu bukan prioritas, yang terpenting ketertarikan kita terhadap apa yang sedang dipelajari.

      Selama ini, alumni teknik nuklir memang tidak semua berkecimpung di bidang nuklir, tetapi tetap berkarya dengan jalan dan cara masing-masing. Jika ingin berusaha, pasti ada kerjaan yang baik nantinya.

      Reply

  21. anthonovsky
    May 03, 2009 @ 09:34:57

    Askum.Kak mau tanya,sya kn dtrima di sttn jurusn elektromekanika,tinggal daftar ulang n teskes.Lha biaya pendidikan di sttn dibanding TN UGM mahal mana?Trus kayaknya STTN sama TN UGM bagus mana?Syarat masuk TN melalui snmptn bisa ga?Thx

    Reply

    • Donny Hartanto
      May 04, 2009 @ 01:29:00

      Halo Anthonovsky,
      Saya benar-benar tidak bisa membandingkan antara STTN dan Teknik Nuklir UGM. Mungkin ada teman yang bisa bantu?

      Reply

    • kautahusiapa
      May 26, 2009 @ 13:57:21

      waalaikumsalam….
      untuk biaya antara STTN ma TN UGM saya kurang tau…coz biaya pendidikan sepertinya tiap tahun mengalami kenaikan.
      kalo bagusan mana..ya..UGM sudah punya nama..tapi STTN punya fokus..lulusan STTN berkesempatan langsung punya sertifikat Petugas Proteksi Radiasi (PPR) dari batan yang bisa dipakai buat nyari2 kerja di industri..sedangkan TN UGM hanya titel Sarjana Teknik…
      snmptn apaan ya?

      Reply

  22. Fidel C
    Aug 03, 2009 @ 10:11:53

    salam..kak?
    sy mo nnya,pa praktek diTN itubanyak n mahal2??

    Reply

    • Donny Hartanto
      Aug 06, 2009 @ 09:15:21

      Halo Fidel,

      Praktek yang dimaksud apa ya? Jika yang dimaksud itu praktikum atau eksperimen atau ngelab, berdasarkan pengalaman di TN UGM, saya belum pernah keluar duit untuk praktikum.

      Sesuai kurikulum, ada beberapa praktikum yang berhubungan dengan teknologi nuklir misalkan Praktikum Deteksi dan Pengukuran Radiasi, Praktikum Elektronika Nuklir dan Praktikum Fisika Nuklir. Karena memang bagian dari kurikulum, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengikutinya kecuali Anda sudah mengikuti sekali tetapi gagal dan hendak mengulang.

      Demikian penjelasan singkat saya.

      Reply

  23. pandu
    Aug 06, 2009 @ 06:55:47

    saya mautanya dosen teknik nuklir yang biasa jd pembicara siapa ya….

    saya mau mengundang beliau untuk jd pembicara dlm acara mipa exspo….

    klo tau minta CPnya ya…..

    Reply

    • Donny Hartanto
      Aug 06, 2009 @ 09:12:15

      Halo Pandu,

      Boleh saya tahu pembicara nya akan berbicara tentang apa? Mungkin saya bisa memberi saran. Tetapi baiknya Anda langsung menghubungi ke Jurusan Teknik Fisika UGM karena blog ini hanyalah blog alumni.

      Reply

  24. Meneer
    Aug 08, 2009 @ 00:45:08

    Lama gak mengunjungi blog TN2002.. Kayaknya asyik baca komen-komen yang ada… Tops banget dah alumni nuklir.. jawabannya mantap, informatif, tidak mengecawakan… bagi yang ingin masuk nuklir, jangan kuatir mandul dan sebagainya. buktinya dosen-dosen nuklir anaknya banyak-banyak. Daftar aja ke nuklir, kuliahnya asyik, dosennya cool (kayak saya..hehe… narsis mode ON). Tahun ini nuklir dapat mahasiswa baru 51 (mungkin lebih karena data dari snmptn belum masuk ke jurusan..).

    Reply

  25. nukers-07
    Aug 25, 2009 @ 02:10:24

    hai slm kenal mas2 mbak2 adek2 n sodara2…
    mo crita pnglaman aj neh:

    awal masuk TN 2007 kupikir ne jurusan lebih fokus ke T.Kimia secara ku demen bgt ma kimia n HATE FULL FISIKA…eh gak taunya Fisika bgt (kurang informasi sih)
    soooo….awal adaptasi tuk berubah haluan berat bgt mulai ngalami fluktuasi IP (index prestasi) ampe stress pngen cabut dari T.Nuklir…

    namun dah 2 taon ku belajar disini, ku mulai nyaman dengan nuklir, mengapa?
    karena nuklir aplikasinya gak sebatas pada PLTN (di Indonesia baru akan dibangun taon 2016…) namun juga pada industri (proses, uji Non Destructive Test, Deteksi Radiasi, Proteksi radiasi, dll), kesehatan (radiologi, X-ray), pertanian & pangan (iradiasi) pokoknya banyak deh….

    isu tentang mandul tu 100% hoax ato bullshit. nyatanya dosen2 yang bertahun2 berkutat pada nuklir punya anak tuh. pernah juga kunjungan ke BATAN Serpong n Jogja, faktanya para pekerja disana pada punya anak juga.

    fakta ttg radiasi bikin mandul bahkan bisa nimbulin kanker n kematian emank bener KALAU dosis radiasi yang kita terima (radiasi pengion ato radiasi elektromagnetik energi tinggi) melebihi dosis toleransi yg ditetapkan ICRP (International Commission on Radiological Protection).

    soooo…bwt tmen2 yg pengen masuk T.Nuklir gak usah takut mandul sebab praktikum yg melibatkan radiasi nuklir tsb jauh di bawah ambang dosis toleransi ICRP lagipula tiap kita akan praktikum harus memenuhi standart keamanan yg pke jas lab lah dsb.

    waah jd pnjang lebar nih….pdhl msh pngen nulis hohoo

    sekedar kasih alternatif, klo tmen2 pada gak nyaman ama T.Nuklir bisa kog ntar smester 5 ambil matakuliah tmen2 Fisika Teknik.
    Lulus sbg mhsiswa T.Nuklir tapi ilmu miliki T.Nuklir n Fistek.

    NB: mohon maaf jika ada tulisan yg salah ato kurang berkenan.
    salam bwt alumni NUKERS, jaya selalu n jgn lupakan asalmu

    Reply

  26. aplez
    Aug 26, 2009 @ 14:19:26

    nama aku aples lulusan AKABRI.aku pebnasaran gimana sih cara nya membuat nuklir..soal nya sumpa keren abis..cita2 aku ingin bgt jadi ahli nuklir sedunia….moga aja terkabul yach…amin…

    Reply

    • Donny Hartanto
      Aug 27, 2009 @ 01:46:03

      Halo Mas Aplez,
      Teknologi nuklir yang dimaksud Mas bagaimana ya? Kalau di Teknik Nuklir UGM, kita hanya belajar aplikasi nuklir untuk tujuan damai, misalnya di PLTN, pengolahan limbah radioaktif, Uji Tak Merusak, dan lain-lain; tidak sampai ke bom nuklir.
      Jika Mas tertarik dengan salah satu di atas, nanti bisa saya bantu berikan beberapa artikel untuk dibaca.

      Reply

  27. Dwi febriani
    Nov 25, 2009 @ 14:02:21

    Wah…keren!!jd makin ngebet ma TN neh..
    Klo bleh tw taun 2010 nti TN nerima brpa mhasiswa baru??

    Reply

  28. argo satrio
    Dec 03, 2009 @ 06:00:44

    salam kenal dari mahasiswa STTN-BATAN Yogyakarta.

    Wah, ternyata sejarah teknik nuklir UGM seru juga yaw, saya harap teknik nuklir UGM mau membagikan ilmunya dan dapat saling bekerjasama dengan saudara mudanya STTN_BATAN YOGYAKARta.

    Reply

  29. Isti
    Feb 20, 2010 @ 08:52:36

    Kak,mau tanya.
    Lulusan T Nuklir ya??? Sekarang kerja dimana???
    Lulusan TN susah gak bwt cari kerja? Kalo dibandingin Tekim mendingan mana? Makasih

    Reply

  30. sovi
    Feb 26, 2010 @ 08:22:25

    assalammu ‘alaikum…
    saya tertarik dan sudah mendaftar ke UGM jurusan teknik nuklir.
    apa benar, , seandainya saya masuk ke sana saya akan mandul..?????
    mohon jawabannya lewat e-mail.

    Reply

  31. Adh1tya
    May 31, 2010 @ 10:52:15

    Aslkm kak, saya baru diterima di tn 10, saya ingin tanya prospek kerja lulusan tn gimana sama tn ada studi banding gak kayak mengunjungi batan atau reaktor?
    Saya semangat masuk tn bravo tn

    Reply

  32. BILLY
    Jun 13, 2010 @ 07:56:06

    assalamualaikum kak, saya sekarang baru kelas 2 SMA, kalau kuliah nanti saya pengennya ngambil jurusan tekhnik nuklir,, saya mau nanya, kalau dah sarjana lap. pekerjaan utk kita apa??????

    prosedur masuknya gimana????

    thanks…………

    Reply

  33. adiindra
    Nov 13, 2011 @ 15:18:35

    ass…
    kak mw nanya kalo misalnya masuk teknik nuklir skripsi yg harus d bwt tuh contohnya yg gmn ya…hehe

    Reply

  34. mohamad dahfa
    Jan 21, 2012 @ 08:21:10

    assalamualaikum
    kk cara masuk TN UGM gmna ?
    sebab saya dari daerah jawa barat

    Reply

  35. dionbagus
    Feb 15, 2012 @ 09:49:45

    Salam..kakak2 teknik nuklir 2002 – 2005 atau atasnya sekarang dah pada kerja dimn??

    Pengen cari2 informasi dan peluang…

    Dion
    Teknik Nuklir 08

    Reply

  36. yudha
    Apr 01, 2012 @ 05:43:18

    asslmualaikum….
    kak mau tanya kalo peluang masuk tn di UGM lebih berpeluang lewat tes pa undangan???????

    Reply

  37. Akhmad Jamal
    May 29, 2012 @ 13:47:06

    Salam kenal para kakak2 alumni TN…
    Saya ingin bgt msuk tehnik nuklir,ntu udh cita2 saya mulai dri SMP,skrng sih bru duduk di kls 1 SMA,saya kagum dengan energi yang bisa dihasilkan oleh bahan nuklir tsb,ktanya 1 gram uranium ja bsa mnghasilkn energi sbesar 1 ton btu bra,bnr gak sih…?
    saya rasa itu bisa menjadi enegi alternatif pengganti minyak bumi yang pastinya sangat bermanfaat dan berguna bagi bangsa ini.saya ngga terlalu peduli dgn lowongan kerjanya,tpi saya jga gak mau mandul,walaupun dnger2 2016 dah ada PLTN sih.(yg artinya saya dh lulus S1).tu PLTN rencanax mau dibangun dimana ya?kn Indonesia daerah yg dilewati cincin gunung api…?
    yang saya ingin cma pengetahuannya aja kok…
    satu2nya kendala adalah susah ga masuk ke TN UGM tu…persainganx brt bgt ga..?n kira2 di tahun 2014 nanti berapa orang yg akn diterima..?
    Atas infonya saya ucapkan terima kasih…

    Reply

  38. ismail
    Sep 13, 2012 @ 12:51:25

    asli, saya tertarik mendalami hal-hal berkaitan dengan nuklir
    untuk 2013 gimana info penerimaan mahasiswa barunya di TN UGM?
    ayo kita sama membangun PLTN, kita harus bisa demi penghematan energi

    Reply

  39. martalesia
    Feb 07, 2013 @ 04:54:21

    sumpahhhh…….!!!!!!
    penasaran bngettt sama teknik nuklir,, pengen mendalami,a n’ pengen menciptakan sesuatu alat yg berguna untuk pertahanan negara….

    doa’in aq jebol d TEKNIK NUKLIR UGM ya….🙂

    Reply

  40. ludfi
    May 29, 2013 @ 14:45:29

    kaka alumni TN, saya bru ktrma tahun ini lewat undangan, mau tanya donk, bagaimana pekerjaan kaka-kaka yg sudah lulus dr TN UGM? heem, kasih pnjelasan yg menarik donk utk saya tidak tkut stress, krena ktny pelajarannya berat. pdhal saya minat banget. trma kasih

    Reply

  41. Yan R S
    Jun 07, 2013 @ 13:13:14

    Masih 2 tahun lagi, tapi pengen banget. Boleh gak sih buat reaktor pribadi😀

    Reply

  42. didipta
    Jul 14, 2013 @ 15:30:41

    kak saya mau tanya apa kendala/ kesulitan saat praktek di tek nuklir? karena tahun ini saya alhamdulillah lolos….mohon bantuannya…

    Reply

  43. Eka Miftakhul J
    Jul 18, 2013 @ 04:17:48

    Assalamualaikum,..
    kak saya mau tanya. di UGM punya alat untuk deteksi sinar gamma dan tracing isotop ???

    Reply

  44. Aprilian
    Jul 21, 2013 @ 07:32:21

    Mas , Mba, kaka, , Selamat siang,,,,
    Mau tanya nih tntang TN UGM,, Ada yg bisa sharing ga? klo bsa minta contact nya yg bisa d hubungii,,, tahun depan saya ingin mendaftar di TN UGM. Tapi masih ragu

    Reply

  45. elfiana wardani
    Sep 03, 2013 @ 03:17:21

    Tahun akademik 2014, tehnik nuklir masih dibuka nggak ya…anak sy pingin bener masuk sini..

    Reply

  46. Wahyu Di
    Dec 17, 2013 @ 10:52:26

    selamat malam bapak, ibu, mas, mbak , ato apa ajalah.. Gini nih , aku pengen banget masuk TN UGM, tp gimana tuh cara masuknya selain SNMPTN atu SBMPTN, aku uda coba try out dimana” mulai dari try out yg diselenggarain ITB, UI, Unhas (saya tinggal di Makassar), dan hasilnya belum memuaskan(menurut saya) passing grade saya cuma 38 persen😦 ada jalan lain gak? seperti ujian tulis atau apalah.. makasii sblumnya.. mohon di bales di sini ya : yudithcool41@gmail.com mohon sngat bantuannya

    Reply

  47. asman jodi
    Mar 03, 2016 @ 06:55:34

    Kak, apa boleh minta kirimin artikel2 tentang nuklir, biar lebih tahu scr mendalam..mohon bantuannya ya kak…hhehe
    trm ksh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: